QUEZON-MANILA part 2 “Mabok Mall”

Menurut saya tidak ada perbedaan yang mencolok dari kondisi kota Quezon atau pun Manila dengan Jakarta. gedungnya, macetnya, udara yang panas dan lembap, dan mall nya. Orang-orangnya pun wajahnya mirip, beda bahasa aja.

kota Quezon, (maaf itu muka teman saya, lebih baik diblur kan untuk menjaga nama baik dia) lol

SM-City-North-EDSA-Manila-Philippines1

mall SM north EDSA dari google

Di Quezon saya hanya jalan-jalan di UP (university of piliphine) Diliman-Mall, dan sebaliknya. Di Quezon City saya pergi ke SM north EDSA. Mall yang berukuran sangat besar ini membuat saya “kenyang” dengan yang namanya jalan-jalan di Mall.

Pertama kali saya ke SM adalah karena nekad, saya bersama teman jalan keluar dari University Hotel (tempat kami tinggal) di UP Diliman dengan bermodal kepercayaan gak akan nyasar karena orang filipin pada jago bahasa inggris. Kejadian ini menjadi kesempatan pertama kali saya naik kendaraan umum filipin yang terkenal yaitu “jeepney”. Bentuknya yang eksentrik mirip kereta taman ria dan tarif nya yang murah pokoknya patut dicoba.

Jadi jeepney itu bukan cuman ada di Quezon atau manila aja ya, di kota-kota lain di Filipin jepney juga ada, nah, tiap jepney punya rute nya sendiri, yang tertulis di depan mobil atau di bagian samping.  Cara bayar nya pun unik. Di jepney kita bayar dengan cara mengestafetkan uang hingga bangku supir di bagian depan. Jadi kalo duduk paling belakang, gak usah nyosor-nyosor ke depan buat bayar okngkos, kamu tinggal serahkan uang ke penumpang samping, uang tersebut akan dioper terus sampe depan, berikut juga kalo ada kembaliannya bakal dioper balik (bsia gak ya sistem ini diaplikasiin di Indonesia? Tanya hatimu sendiri lol). Gak kebayang kalo duduk di bangku belakang supir, harus ngoper terus uang orang (saya sih buru-buru cuci tangan abis naik jepney) haha

ini penampakan jeepneyu yang eksentrik

jeepney 3

jeepney 2

jeepney

Dengan ancer2 yang telah diberikan pak satpam di hotel, kami pun berhasil tiba di SM north EDSA, masuk ke mall dan di dalamnya yaaa seperti Mall pada umumnya. Ada sedikit perbedaan yang berhasil saya amati. Di Quezon orang-orang jalan-jalan di mall dandanan nya cukup sembarangan, agak gak enak dipandang deh, ada bapak-bapak yang pake celana kolor dengan sepatu dan kaos oblong doang, anak muda nya juga terkesan “alay” dandanannya ups maaf. beda sama di Jakarta kalo jalan di mall, orang-orang cukup stylish, jauh banget dibanding sama di Bangkok, waktu saya ke SIAM Paragon orang-orang seliweran muka porselen dengan style yang bagus-bagus. Bisa saya urutkan peringkat warga dengan urutan fashion taste terbagus.    Bangkok>>>>>Jakarta>Manila>Quezon.

Perbedaan lain ada pada jenis barang yang dijual, kalo di Filipin yang dijual hampir 80% nya adalah MAKANAN. Whuiiiiiiiiiiih jalan dikit ada tukang somay, jarak 3 meter ada yang jual sate, jarak 5 meter ada kumpulan toko fast food, apalagi di food court nya makanan di mana-mana.  Bahkan bukan hanya di mall, di jalanan pun makanan banyak dijual. Gak heran orang sini subur-subur badannya 🙂

Saya sih ya seneng-senneng aja, secara suka makan juga. Dan makanannya murah-murah loh…….

Tempat makan favorit teman jalan saya adalah restoran fast food asli filipin yaitu Jolly bee, ayam goreng murah, enak, dan yang paling penting porsinya banyak. Hahaha selain restoran fast food, di sini juga banyak restoran makanan asli atau khas filipin yang bahkan unlimited rice… aduhhh diabetes deh wkwkwk

Jalan kaki di mall yang gede nya 504.900 m2 dan parkirannya bisa menampung hingga 10.000 mobil jelas gak berhasil saya jelajahi semua, di filipin pun muncul sindrom khsus yang saya alami yaitu kaki saya sakit tiap malam kalo mau tidur, sepertinya itu dampak sehabis jalan di mall-mall di Quezon dan Manila.

Kenyang dengan Quezon, besoknya kami jalan-jalan ke Manila (berbekal kepercayaan bahwa orang filipin jago bahas inggris (lagi)) dan kami tidak tersesat (lagi) YES~! Kami naik kereta dari EDSA ke pedrogil 1 kali ganti kereta, dari MRT ke LRT (jujur saya tidak mengerti perbedaan MRT dan LRT di filipin) mungkin jalurnya doang yang ngebedain.

Di pedrogil kami ketemu teman baru anak-anak University of Piliphin Manila, ada JP, Mrvin, Cino, Gil, dan Wilma masih ada beberapa lagi tapi yang lain tidak terlalu dekat dengan kami. Di Mnaila Marvin, JP, dan Cino menjadi tour guide kami. Rencannanya kami mau jalan-jalan ke Intra Muros (kota tua) tapi kesorean dan Intra Muros tutup jam 6, kami tiba di sana jam setengah 6. Waktu jalan-jalan cuman setengah jam, turun hujan pula. “Kegagalan yang sempurna”

kehujanan di intra muros

makan di resto unlimited rice, saya cuman kuat 2x nambah 😦

Karena turun hujan yang cukup deras dan kami juga tidak punya ide mau ke mana, akhirnya kami pergi ke MALL!!!!! (lagi)

Kini kami ke MOA (Mall of Asia) yang digadang sebgai mall terbesar di Asia, tentu saya tidak percaya karena dibanding mall yang pertama saya kunjungi yaitu SM Norh EDSA, MOA lebih kecil dengan luas 390.193 m2 yang parkirannnya bisa menampung hingga 8000 mobil.

Walau lebih kecil, tetep aja jalan di sini bikin kaki gempor,kalo menurut saya, MOA lebih modern dibanding north edsa, tapi tetep aja sih orang yang seliweran di sini kurang fashionable juga.

Pesen saya sih, kalo kalian mau jalan-jalan di mall-mall gede di Filipin, mending siapin fisik, dan arus tahu pasti mau beli apa di sebelah mana, karena kalau gak tau tujuan, itu nyari toko nya aja susah (saking gede nya) dan siapin perut kosong untuk mencicipi makanan-makanan yang dijajakkan hehehehe

One comment on “QUEZON-MANILA part 2 “Mabok Mall”

1. ph4d1w says:

Suka baca blognya bro… Bulan kmrn pas libur lebaran saya dan tmn ke filipina namun karena mount raung eruption hampir gagal semua itinerarynya tapi masih bisa sempat di rizal park doang sblm flight ke cebu
    Nah next trip pengen ke thailand or japan. Klo tidak keberatan mau tanya tanya disini ato kontak via wa ya. Thanks before