TIPS MENGAJAK TEMAN BULE JALAN-JALAN DI JAKARTA

10245491_10201859786803225_6077331732413377203_n

Beberapa mingu yang lalu saya mendapat kabar dari teman saya yang tinggal di Jepang, namanya Miki bahwa dia akan mengunjungi Indonesia beberapa hari, sebagai “tuan rumah” pasti cukup kelimpungan, apalagi kalau baru pertama kali dikunjungi oleh teman yang berasal dari luar negeri. Untungnya ini bukan kali pertama saya ;p

Menjadi teman jalan yang oke atau “menjamu” teman kita yang mau jalan-jalan memang susah-susah gampang, semua bergantung kepada pengalaman. Biasanya orang yang sering traveling bisa lebih oke jadi “tour guide” dadakan. Haseeeeeek!

Kondisi ini terjadi ketika saya pernah beberapa kali mengajak teman “bule” saya untuk berkeliling di Jakarta. Kalau sekilas dipikir, apa sih bagusnya Jakarta? Bukannya macet, panas, dan yang bisa diliat ya gedung-gedung doang ya? Eitsss tunggu dulu, saya berhasil menemukan sisi sisi menarik Jakarta selama beberapa kali “diuji” loh, dan di sini akan saya share tips nya supaya kamu bisa ngehietsss abis ketika ngajak temen bule keliling Jakarta versi saya:

  1. Pastikan kamu tahu preferensi temanmu

which-type-of-sleep-apena

Biasanya sebelum dia datang ke Indonesia, especially Jakarta, saya biarkan dia googling dulu tentang Jakarta, kalau kalian ‘niat’ orangnya, coba buatkan resume sederhana tentang Jakarta. Saya biasanya buat dalam Microsoft word dengan foto2 caplokan dari google.  Atau kalau lagi males kasih link ini aja langsung http://www.jakarta-tourism.go.id/ atau kalo temen kamu adalah traveler kelas kakap coba kasih link ini http://www.lonelyplanet.com/indonesia/jakarta

Untungnya teman-teman saya kebanyakan bukan traveler handal dan seleranya juga ga neko2 hehehe

Biasanya saya tanyakan, mau wisata alam2? Wisata  kota, museum? shoping dan memanjakan diri? Atau bahkan ingin wisata “malam”

Di Jakarta ada banyak tempat yang bisa dikunjungi dari mulai TMII, Monas, Museum-museum, sejuta mall (lebay), jalan sabang, jalan jaksa, kota tua, pasar-pasar lucu dan unik (santa/tanah abang), istiqlal dan katedral, pulau seribu, dan masih banyak lagi

  1. Mix and match!

interlocking-puzzle-pieces

Sebagai contoh ketika teman saya ingin menikmati suasana alam, maka saya bawa ke pulau

seribu, mlipir dikit ke puncak atau Bogor, kalau mau wisata kota, museum di Jakarta banyak sekali museum dan sekarang sudah dipermudah dengan adanya bus city tour yang biasa diakses gratis, mau wisata shopping, apalagi? Jakarta itu negeri 1000 mall wkwkwkw

Dan ingat!

Jangan anggap selera kamu adalah selera universal yang tentunya teman mu juga suka, bisa jadi kamu yang sudah bosan dengan kemacetan justru itu bisa jadi bahan pengalaman unik tersendiri buat temen kamu loh.

  1. Ketahui waktu yang tepat

 

Hujan05

Walau kita hanya memiliki 2 musim, tapi menurut saya 2 musim ini sangat signifikan untuk dipertimbangkan terutama apabila mau memberikan kesan yg baik tentang tempat di mana kita tinggal.

Pada awalnya saya pernah berencana untuk mengajak teman saya ke pulau seribu, tapi sayang hujan gak bisa diajak kopromi, dan tentunya kalau saya paksakan ke sana pas hujan, saya gak jamin bisa enjoy terombang ambing heboh di laut atau malah menggerutu karena jadinya ga bisa snorkeling.

Jadinya saya ajak saja keliling wisata kota, enaknya di beberapa landmark yang kalau musim kemarau panas luar biasa, pas musim hujan jadi sejuk.

  1. Lebay sedikit boleh lah :p

Ini jurus yang biasanya saya pakai kalau sudah mati gaya,

misalkan waktu saya sama Kazu ke pulau seribu tepatnya ke Pulau Tidung, di sana sebetulnya tempatnya standar-standar aja tapi setiap kami datang ke sebuah tempat, selalu ada cerita yang bisa saya blow up, misal cerita tentang jembatan cinta, cerita tentang mistisnya laut di Indonesia, misal cerita nyi roro kidul dan lain-lain

  1. Pastikan kamu juga enjoy,

 

Yappp, kunci yang paling utama kalo menurut saya adalah, “ngajak temen jalan-jalan bukan berarti kita jadi tour guide harus menuruti kemana pun dia mau sampai mengorbankan preferensi kamu sendiri loh”, mengajak teman bule jalan2 bagi saya artinya peran kita sejajar ingin sama-sama seneng ingin sama-sama enjoy, gue seneng lo juga seneng.

Cuman lebihnya kita adalah kita lebih tau aja tentang tempat2nya dan kita bisa berkomunikasi sama orang sekitar. Jadi gak ada alasan untuk kita kesel/sebel/bahkan bosan mengajak teman jalan-jalan di Jakarta.

Tips dari saya agar kita juga excited pilih beberapa tempat yang memang kamu juga belum pernah datangi, atau kalau kamu emang orangnya ngehits abis sehingga hampir semua tempat udah terjelajahi, coba ingat prinsip ini, Walaupun tempat tersebut sudah perrnah kita kunjungi belum tentu loh kita bisa dapat experience yang sama, jadi who knows? Bersiaplah untuk cerita baru J

3 comments on “TIPS MENGAJAK TEMAN BULE JALAN-JALAN DI JAKARTA

  1. me says:

    thanks,bro artikel nya bermanfaat banget, kebetulan saya mau ngehost temen bule dari italy dan in baru pertama kali nya saya jadi “tour guide” dadakan… wish me luck! 🙂

  2. Ruri says:

    Selama menjamu teman dari luar negeri..biasanya siapa yang bayar?thanx..

Leave a Reply

