Perjalanan ke Belitung part 1 (Murah, Meriah,Mesr”ah”)

foto: bangkatour.com

Sudah lama rasanya tidak update di blog pribadi, hehehe

berhubung kerjaan cukup banyak nulis artikel untuk keperluan blog di kantor jadinya blog mochamadaldis.wordpress.com ini dipenuhi sarang laba-laba hiksssss

langsung cussss, untuk artikel satu ini saya ingin sharing pengalaman jalan-jalan ke Belitung atau Negeri Laskar Pelangi, yang sempat saya lakukan setahun yang lalu (Mei 2015) “gileeee telat amaatttt setelah 1 tahun baru dipost, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukannnnnn”

Nah, intinya pengalaman wisata ke Belitung ini saya lewati dengan penuh rasa PUAS!!! tiket pesawat murah, temen travel buddy yang oke, experience yang nikmat, dan jepretan foto-foto yg bisa bikin temen2 di kantor iri. kkkkkk

Cerita di mulai dari celetukan impulsive di bamboo dimsum bersama sahabat saya, Mita. Dari beberapa waktu sebelumnya, memang kami merencanakan jalan-jalan bersama teman-teman ber 7 (genk OMDO) karena mengingat kesuksesan jalan-jalan sebelumnya ke Pangandaran… ya tapi namanya juga anak-anak OMDO alias omong doang, rencana ya hanya rencana.. nah, karena cukup kesal dan gerah pengen liburan. Akhirnya kita berdua saja yang pergi ditambah promo tiket 1 jta PP Jakarta-Belitung bikin kita ga sabar buat jalan-jalan, dan untung nya lagiiii kebetulan saya lagi punya promo hotel dari pegipegi.. lalalalala

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba taraaaaa kami terbang ke Belitung dengan Sriwijaya.

Hari 1

Tiba di bandara Tanjung Pandan alias Bandara Hanadjoedin siang menjelang sore, kami coba menghubungi si pemilik guest house, oke, setelah kami coba googling2 sebelum berangkat, kami menemukan 1 guest house di daerah Tanjung Pandan saya lupa nama Guest house nya…

setibanya di bandara, si pak pemilik guest house sudah stanby… kami pun jalan ke guest house tersebut, oya fyi di Belitung sinyal XL jadi unggulan lohhh…Internetnya pun kenceng bahkan sampe ke ujung pulai sinyalny masih kenceng. Di tengah perjalanan si bapak itu cerita terus, bahkan dia ceritai pengalaman2nya dia bawa turis2 sebelumnya, wkwkwk iyaa pak iyaaa dehhh yang udah pro :p

setibanya di guest house kita cukup puas dengan penginapannya, semalam harganya sekitar 250 ribuan, kamar luas, ber AC, TV tapi toiletnya agak konvensional sih.

setibanya di hotel kami langsung mengurus penyewaan mobil, karena rencananya kami akan menyusuri Belitung Timur (manggar dan desa laskar pelangi) dengan mobil, kebayang gosong dan panasnya kalau pake motor lohhh. so buat yg jalan-jalan ke belitung 3 atau 4 orang sangatdirekomendasikan sewa mobil aja, kita aja yg cuman bedua sewa mobil wkwkw, lebih irit dan nyaman juga.

malam harinya kita sewa motor untuk setengah hari karena ingin menikmati wisata malam di tanjung pandan (pusat kota Belitung), kami pun pergi melihat batu satam ( yang ternyata hanya seucrit batu di atas tugu perempatan jalanan -,-), makan mie atep, dan mencicipi kuliner2 di Belitung. diantara semua makanan yang kami beli, mie atep paling juara sih, yang lainnya super halu, pempek (ga enak), hok lopan ( martabak manis  aka martabak terang bulan) :p

makan pempek-pempek (biasa aja) dan ketemu Epin (temen kantor) yang juga lagi jalan-jalan

Hari 2

Pagi di Belitung energi saya dan Mita mungkin sampai 150% karena saking excitednya. Mobil sudah ready, sudah mandi dan wangi, kami pun siap berangkat, sebelum berangkat selfie dan ootd dulu (wajib)..

oya lucunya selama perjalanan ini, yg bawa mobil yaa selalu temen saya, wkwkwk maklum saya belum punya SIM dan emg gabisa bawa mobil WKAKAKAKAKKAKAKAKAKAK.. AMPUN MITA. oya sewa mobil tuhs ekitar 350 ribu seharian, tanpa driver yaa.

Berbekal kecerdasan (hahahaha canda) dan GPS (sinyal XL kenceng) saya pun jadi navigator selama perjalanan, pagi-pagi kami bingung cari sarapan akhirnya ketemu juga penjual nasi kuning di pinggir jalan. setelah membuncitkan perut yang cekung karena lapar. kami pun melanjutkan perjalanan, karena setelah saya cek di google maps bahwa danau kaolin jaraknya cukup dekat dari tempat sarapan kami, akhirnya kami menyempatkan ke danau kaolin, cuaca belum terlalu terik, dannnn yang terpentig adalah, di TKP masih sepiiii. Danau kaolin ini adalah danau bekas tempat mencari bijih kaolin (sejenis logam), danaunya berwarna tosca terang, dengan lumpur2 putih, yahhh bisa dibilang versi KW  nya danau garam Salar de Uyuni, (haha lebayyyyyyyyyyyyy)

setelah puas foto-foto dan memuaskan rasa penasaran meraba-raba air biru dan lumpur putihnya… kami pun melanjutkan perjalanan ke Belitung Timur.. oya tips ke danau kaolin, JANGAN PAKE SENDAL JEPIT KETIKA JALAN KE LUMPUR YANG BASAH, karena sendal bisa mendlep, mblasss,  dan nanti putus, so mending nyeker aja…

Perjalanan ke Belitung Timur cukup jauh, memakan waktu hingga 2,5 jam lahh plus kita memang tidak tahu jalan kan hahaha (mungkin kalo tau jalan, jlanaan bisa terasa lebih deket kali :p) di tengah perjalnaan kita selalu ditemani lagu “KNOCK ME OUT” nya Afgan yang terus diulang2 dari CD mobil yang kami sewa, sampe hafal lohh lagunya dan bahkan kita berdua sesekali lip sync untuk membunuh waktu.

IMG-20150531-WA0101

manggar mita

di jalanan entah berantah teteuppp foto dulu (berasa ala2 MV di jalanan Nevada2 gitu)

sampe ke Belitung Timur, yg menjadi tujuan kami adalaaaaaah…. SD LASKAR PELANGI, yapppp sekolah nya Andrea Hirata, karena di google maps cukup mencurigakan dan tidak secara presisi menunjukkan benar2 lokasinya, kami sempat tersasar dan akhirnya bertanya-tanya ke penduduk lokal. tapi akhirnya tidak memakan banyak waktu kami pun sampai di SD tersebut, SD Muhamadiyah Gantong, yang kini hanya dibuat replikasnya untuk bisa kita nikmati, karena bangunan aslinya sudah berubah menjadi Taman Kanak-Kanak.  di situ kami langsung foto foto dongggg, apalagi melihat ada gerombolan paket tour dengan kostum2 mencolok yg akan menyusul, kami ga mau foto2 kami nanti bocor dengan orang2 tour yg bisa mencuri spot light kami :p

manggar

setelah dari SD kami langsung ke museum kata Andrea Hirata, the one and only museum kata di Indonesia, hehe sebetulnya kita juga dapat info ini dari tour guide paket tour yg tadi mengancam foto2 kami di SD, si tour guide malah asik ngobrol sama kami berdua di saat costumer2nya sedang berfoto2 dengan selendang aduhai di SD Gantong tadi.

museumnya fotogenic, ga terlalu besar sih, tapi banyak spot2 fotogenic, plus ada “cafe” kpi di dalamnya, wajib dicoba KOPI KULI! ENAKKKKKK! emang Manggar terkenal dengan kopinya yaaaaaa so, saya yg ga biasa minum kopi aja sampe bisa abis 1 gelas kopi di sana hahahaaahahaha

panas, lelah, tapi puas, terus sampe lupa kalau belum makan siang, padahal udah hampir jam 2.. akhirnya kami coba untuk mengeksplor lagi tempat lain, dan jatuhlah pilihan kami ke BUKIT SAMAK. katanya sih di situ bisa makan2 juga sambil menikmati indahnya laut dari atas bukit.

setelah perjalanan yang cukup mengkhawatirnkan, sekitar 30-40 menit an, akhirnya kami tiba di bukit samak, di situ kami langsung me reserve tempat yang paling strategis tepat menghadap ke laut dari atas bukit, yang kami pesan di situ adalah es jeruk kunci dan mie goreng. rasanya? sangat tidak mengecewakan kawan-kawan. wajib dicoba apalagi es jeruk kuncinyaaaa enak seger manis asem maknyossss

mie belitong.JPG

es jeruk kunci + mie goreng Belitung

setelah kenyang bahkan Mita sampe tidur, kami pun lanjut pulang ke Tanjung Pandan buat makan malam dan beristiraat, makan malamnya di mana? tidak lain tidak bukan adalah di ANGKRINGAN depan hotel.

Hari 3

ISLAND HOPPING……

ini yang saya tunggu-tunggu, jelas lah yaaa. Belitung terkenal juga dengan wisata pantai dan island hopping nya, apalagi buat saya yang suka pantai.. kalo kemaren energi di pagi hari itu 150%, hari ini bisa sampe 200% kali.

Mau tau cerita serunya? intip di artikel selanjutnya ya :))

This entry was posted in Artikel.