Perjalanan ke Belitung part 2 (Mengapung-ngapung)

IMG-20150601-WA0091

Artikel ini adalah lanjutan dari postingan sebelumnya  tentang perjalanan ke Belitung.

ini adalah hari ke 3 kami di Belitung, agenda di hari ini adalah yang paling ditunggu-tunggu. yappp Island Hopping

Selain terkenal dengan kopi dan “laskar pelangi” nya Belitung terkenal dengan island hoppingnya, pantai di pulau-pulau kecil yang masih belum sering dijamah -,-” (duh bahasanya). Cussss langsung saja, ini kisahnya

Hari 3 Island Hopping

Oya di hari ke 3 ini kami sudah pindah hotel, alasannya adalah…. hmmm kenapa ya mit? kok kita mesen 2 tempat tinggal yg berbeda padahal jaraknya tinggal ngesot (ini masih menjadi misteri, kayaknya gara-gara kita punya 2 vouche diskon hotel ga sih? kok alasannya ga bermutu bgt ya kalo emang bener ini) tapi yang pasti, yg saya ingat adalah, waktu itu kami semangat buat pindah hotel karena si pemilik guest house sebelumnya ternyata super matre, 11 12 sama ibu kost saya. selepas sewa mobil dari dia dia super perhitungan dan ribet banget bikin kita langsung ilfil.

Perjalanan Island hopping dimulai dari pagi, setelah mandi kami sewa motor dari hotel kami tersebut yaitu LUX MELATI, hotel ini jauh better dibanding tempat tinggal sebelumnya… Kita pun dapet motor yg oke, dan ga perhitungan bensin dll. sewa motor sekitar 60 ribu sehari.

Island hopping ini berlokasi di utara pulau Belitung, cuman 30 menit an dari Tanjung Pandang, menuju Pantai Tanjung Tinggi (tempat shooting Laskar Pelangi), Pantai tanjung kelayang dan pulau-pulau kecil seperti pulau Lengkuas,  Pulau  pasir, dan Pulau burung.

Nah dari Tanjung Pandan kami langsung menuju Pantai tanjung kelayang, (start Island hoppng dari situ ya) nah di sana, kami ternyata harus menyewa kapal untuk bisa Island hopping, sewa kapal itu seharga 800 ribu an dengan kapasitas hingga 10 orang.

Waduhhh, mahal juga ya (pikir kami) apalagi cuman dibagi berdua, so kami pun sedih…

eh tapi, namanya juga traveling, ga bisa kan perjalanan itu mulus2 aja kan, harus selalu ada tantangan.. hahahaha

di tengah kegalauan kami, ternyata ada beberapa orang yang juga sedang berdiskusi dengan pemilik kapal, tenryata mereka juga pengunjung yang ingin melakukan Island hopping. ada 2 orang cowok seumuran kami dan sepasang suami istri. kami pun ngikut2 dan so so kenal gitu. akhirnya kami puj join YESSSSS.

setelah ngobrol-ngobrol, ternyata mereka asik-asik, apalagi si OM dan Tante (pasangan suami isteri) becandaan kami pun nyambung… syukurlah :*

IMG-20150601-WA0070

si tante masih di kapal

IMG-20150601-WA0069

Pulau pertama, Pulau Lengkuas. Pulau yang ada mercusuarnya, anak-anak muda (minus om dan tante) memutuskan naikn ke mercusuar, di atas Mercusuar pemandanga luar biasa indah, tapi agak serem krn saya takut ketinggian :p. di Pulau ini adalah pulau yang ramai dengan pengunjung bahkan beberapa kali ada penjual layang2.

20150601_122551

IMG-20150601-WA0053

20150601_123237

pemandangan pulau lengkuas dari atas mercusuar

IMG-20150601-WA0073

dri puncak mercusuar

Pulau selanjutnya, pulau pasir. Pulau pasir ini katanya sih untung2an dapetnya, karena kalau laut sednag pasang, ya pulau pasir ini tiada. jadi pulau ini tuh semacam gundukan pasir menyumbul membentuk pulau kecil di tengah laut… dan karena ini asalnya dari dasar laut… otomatis kita bisa neu biota2 laut yg lucu, salah satunya yg sering muncul adalah bintang laut!

20150601_110029

pantai pasir mita

Agenda Island hopping yang selanjutnya adalah, snorkeling…. Pengalmaan snorkeling di Belitung lumayan seru, walau masih agak sedikit trauma gara-gara kesengat karang api sewaktu snorkeling di Wakatobi (ini nanti akan saya buat juga ceritanya) Snorkeling di Belitung sejujurnya ga begitu wawwww sih. Jujur, kita lebih menikmati keindahan pantai nya.

pulau-pulau selama island hoping (kalau gak salah itu pulau burung)

Snorkeling menjadi penutup agenda Island hoping kami, dan setelah menepi tibalah waktu yang paling tidak ditunggu-tunggu, BAYAR KAPAL. ngok

karena patungan, kami pun masing-masing membayar sekitar 150 ribu, ketika mau membayar, tiba2 muncul drama, si Bapak Kapal nya menagih uang lebih banyak dari yang deal di awal.

Akhirnya si tante yang satu rmbongan dengan kami turun tangan, dia akhirnya debat sama si bapak kapal. bersiteru lah mereka, kami anak-anak muda hanya terdiam, pengen coba deketin tapi malah nanti takut bikin makin ribet.

Setelah berdebat, akhirnya debat dimenangkan oleh Tante!! HOREEEEE… tapi emang pada dasarnya kita bener kok, pasalnya si nahkoda kapalnya main nagih dengan harga yang ga sesuai kesepakatan, padahal waktu awal deal udah setuju segitu… toh si Om dan Tante juga sebenernya niat mau kasih tip tapi gara-gara caranya gini jadi batal deh kasih tip, malangnyaaa…..

Jeng…jeng…dan pas kita mau membayar iuran, si Tante malah bilang, udah 150 ribu aja berdua, gausah bayar lagi. udah aja, yang penting kan kita hepi,..OMAYGOODDDD!! jadi yang tadinya kita harus bayar 150 per orang (yang mana ini tuh udah murah banget) malah jadi cuman 150 ribu (BERDUA) WOOOOOOOOOOWWWWW

Keberuntungan demi keberuntungan kami tuai selama di Belitung ini, dan yang lebih untung lagi…. jeng jeng

Sepulang Island Hoping, langit sudah mulai senja, kami pun berburu sun set di Pantai Tanjung Tinggi  (Pantai tempat shooting Laskar Pelangi)

kami pun pergi ke pantai tersebut, (hanya bermodalkan GPS dari google maps) MANGSTAP

kami menemukan tempatnya dengan mudah 😉

20150601_163415

20150601_163618

20150601_164738

Pantai nya lagi cukup ramai, dan kami pun berburu sudut-sudut pantai yang agak sepi, untuk menjauhi alay-alay. cukup kami bedua saja alay di setiap radius 1 km, ENOUGH hahaahhahahahaa

Nah, yang menguntungkannya adalahh, setelah mandi dan berenang lucu di Pantai Tanjung Tinggi, kami pun pulang, nah tidak jauh dari pantai, sekitar 5 menit an masih d garis pantai yang sama, kami melihat langit begitu merah, senjanya luar biasa indah, pas di situ ada pantai super sepi yang airnya super tenang.. bak kolam renang pribadi.

kami pun memarkirkan motor lalu berlari-lari lucu ke pantai… dan memang pantainya superrrrr SEPIIIIII

20150601_175330

Senja nya amazing banget

Cukup lama kami menghabiskan waktu di situ, akhirnya kami pun pulang mengingat langit udah gelap dan jalanan pun minim lampu penerangan.

Kami pulang dengan lelah namun nikmat……

Makan malam di restoran dekat hotel, nama restonya Daun Simpor kalau ga salah… Lalu kami istirahat, packing dan menghadapi kenyataan kalau besok harus pulang ke Jakarta.

HIKSSSSSSS

Tapi overall, Perjalanan ke Belitung sangat memuaskan…

Thanks Belitung, Kau telah Membuat hatiku Terkatung-katung (apasih diss)

SEKIANNNN 🙂

This entry was posted in Artikel.