Tips Traveling Colongan ala Mahasiswa Usil

solo-travelers

Apa itu traveling colongan? Bagi saya, traveling colongan adalah menyempatkan waktu untuk traveling di suatu tempat di tengah kegiatan utama yang mana kegiatan utama itu sama sekali bukan traveling.

Dalam postingan ini saya akan sedikit share pengalaman traveling colongan dan sedikit tips versi saya,  siapa tau bisa membantu untuk kalian yang belum sempet traveling tapi punya kesempatan ikut berbagai acara di berbagai tempat.

Misalnya, saya sebagai mahasiswa pernah ikut konferensi ilmiah di Surabaya 2 hari, tapi saya sediakan 4 hari untuk berada di Surabaya, hari ke 3 dan ke 4 saya luangkan untuk jalan-jalan. Atau ketika ikut lomba X dan Y maka sempatkan untuk mengunjungi tempat wisata sekitar tempat lomba, kalau gak disediain field trip sama paniitia acara, kamu bisa ajak temen perjalanan untuk “kabur” atau cabut sendiri buat traveling colongan. Kalau saya sih pernah melakukan semua opsi, dan saya lebih memilih cabut sendiri karena kita bsia estimasikan waktu dan ke mana kita mau pergi sesuka kita tanpa perlu diskusi2 atau bahkan berantem mengingat sebegitu terbatasnya waktu dan biaya yang tersedia.

Pencapaian tertinggi saya dalam hal “kabur-kabur”an sejauh ini baru saja saya capai dua bulan lalu, di mana saya berhasil lolos untuk datang di dua konferensi kesehatan di dua negara yang berbeda dengan jarak waktu hanya 2 hari. Konferensi tersebut berlangsung di Pattaya (Thailand) dan Quezon-Manila (Philipine), tapi karena saya hendak melakukan traveling colongan akhirnya berhasil saya jelajahi rute Bangkok-Pattaya-Jakarta-Singapur-Manila-Quezon-Manila-Singapur-Jakarta dalam waktu 2 minggu sekaligus. Bahkan dalam 1 hari saya sempat berpindah-pindah Pattaya-Bangkok-Jakarta-Singapur-Manila. Dan itu sangat melelahkan dan menantang.

Tips dari saya untuk bisa melakukan traveling colongan adalah:

Continue reading

Drama di Koukaigijidou (Japan diet Building)

IMG_20140222_154855

Dari namanya aja udah unik, awalnya saya kira ini bangunan yang tipis sampe dibilang diet, eh ternyata diet disini masuknya counselor representative semacam gedung parlemen gitu. Tapi gedungnya unik karena gede banget dan merupakan sebuah karya arsitektur percampuran antara western (european) style dan japanese style.. letaknya di Chiyoda. Masuknya gratis dan kita bisa ikuit tour gratis pula didalamnya (ini yang terpenting bukan?)

IMG_20140222_155526

Pada saat ke tempat ini saya menjadi saksi peristiwa yang miris banget, jadi ketika saya dan 5 teman jalan saya sedang menunggu tour dari pihak koukaigijdou, ada seorang nenek berkebangsaan australia dia traveler kolot, yang menghampiri kami, dia meminta bantuan kami

Continue reading